Keren! Kepolisian Jambi Gunakan Game GTA V Sebagai Sarana Latihan

Wow, game Grand Theft Auto V dipakai oleh polisi Indonesia sebagai ruang simulasi virtual untuk anggota kepolisian! Kreatif banget!

Main game memang asyik dan seru, tapi ternyata permainan video game bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang jauh lebih penting dan juga edukatif! Salah satunya adalah inovasi Kepolisian Daerah (Polda) Jambi yang memakai game Grand Theft Auto V sebagai sistem sistem latihan berbasis game online; yang diberi nama Tactical Simulation Games (TSG). 
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian terlihat sangat mengapresiasi inisiatif dan inovasi yang diambil oleh Polda Jambi. Tito pun berharap kalau sistem simulasi TSG tidak hanya digunakan oleh Polda Jambi saja, namun juga di berbagai Kepolisian Resor (Polres).
"Dari dulu yang jadi permasalahan di kepolisian itu adalah masalah diskresi [...] Saya akan sampaikan pada Polda-Polda lain [...] Silahkan lihat di Polda Jambi, dia sudah membikin inisiatif seperti ini. Paling nggak pemahaman tentang kenapa kita butuh kegiatan-kegiatan [simulasi] ini bisa dipahami dan mereka juga bisa meniru," ungkap Tito bangga.
youtube.com/watch?v=AgGYj0SefOQ
youtube.com/watch?v=AgGYj0SefOQ
Sistem TSG merupakan tindak lanjut dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi sesuai arahan Kapolri untuk menyiapkan ruang simulasi sebagai sarana pelatihan diskresi kepolisian bagi anggota kepolisian negara.
Diskresi sendiri artinya adalah hak khusus yang memberikan kewenangan pada seorang polisi untuk bertindak menurut penilaiannya sendiri selama hal tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia.
"Kalau misalnya, lampu merah diikuti lalu konvoi terlalu panjang dan di sisi lain padat, polisi bisa mempercepat yang ramai, atau mendahulukan konvoi. Ini demi kelancaran arus lalu lintas,"mengutip ucapan Kepala Detasemen Pengawalan (Kadenwal) PJR Korlantas Polri Kombes Pol Ahsanur Rozimi dari KompasOtomotif.
youtube.com/watch?v=AgGYj0SefOQ
youtube.com/watch?v=AgGYj0SefOQ
Simulasi TSG berbasis game GTA V ini bukan pertama kalinya game dan kemampuan para gamer dimanfaatkan untuk keperluan yang menyangkut pertahanan dan keamanan negara. Mantan komandan Angkatan Udara Inggris Greg Bagwell pernah mengungkapkan kalau gamer berpotensi menjadi pengendali pesawat tanpa awak yang handal!
Keren banget ya? Salut deh buat seluruh anggota Polda Jambi yang memungkinkan sistem TSG ini terjadi! Tapi yang nggak kalah penting, boleh bagi mod GTA V-nya nggak ya? Hehehehe...
Keren! Kepolisian Jambi Gunakan Game GTA V Sebagai Sarana Latihan Keren! Kepolisian Jambi Gunakan Game GTA V Sebagai Sarana Latihan Reviewed by Speed X on Oktober 14, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.